TUGAS MATA KULIAH
MANAJEMEN STRATEGI SEKTOR PUBLIK
MANAJEMEN STRATEGI SEKTOR PUBLIK
(SEMESTER II ILMU EKONOMI, MARET 2014)
Dosen: Dr. IRAWAN, M.Si
SOAL:
Buat Tema dan Analisis secara Global
dari Segi Tingkatan Strategis Proses, Manajemen Strategi, Kerangka Kerja
Keputusan Personal, dan Analisis Situasi!
JAWAB:
1. Tema: Strategi
Pencapaian LPSE Kalimantan Tengah Berkualitas dan Transparan
2. Tingkatan
Strategi
a. Tingkat
Perusahaan => (Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kalimantan Tengah diharapkan
berkualitas dan transparan secara jangka panjang
b. Tingkat Bisnis
=> melaksanakan pelayanan dalam publikasi, administrasi, verifikasi, dan fasilitasi
penggunaan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE)
c. Tingkat
Fungsional => meningkatkan kualitas sumberdaya publikator, administrator, verifikator,
dan fasilitator untuk menghasilkan layanan berkualitas dan transparan
3. Proses
Manajemen Strategi
a. Komitmen => mewujudkan LPSE Kalimantan
Tengah yang berkualitas dan transparan
b. Keputusan => pelaksanaan pelayanan oleh
personel LPSE Kalimantan Tengah harus berkualitas dan transparan
c. Tindakan => personel LPSE Kalimantan
Tengah (publikator, administrator, verifikator, dan fasilitator) mengikuti pelatihan
dan bimbingan teknis untuk pembaruan pengetahuan dan teknologi, memberikan pelayanan
yang ramah, terbuka, dan jujur
d. Penyusunan Strategi => pelayanan tepat
guna dan tepat sasaran (pengguna dan penyedia barang/jasa pemerintah)
e. Analisis Situasi => mengidentifikasi
peluang dan ancaman eksternal serta mengukur dan menetapkan kelemahan dan
kekuatan internal hingga tercapai tujuan jangka panjang, disebut juga analisis SWOT
(strength/kekuatan, weakness/kelemahan, opportunity/peluang, threats/ancaman)
4. Kerangka
Kerja Keputusan Personal
a. Situasi => pelayanan diberikan kepada
pengguna dan penyedia barang/jasa pemerintah oleh publikator, administrator,
verifikator, dan fasilitator
b. Gaya Keputusan Personal => pelayanan
dilaksanakan dengan sopan, ramah, tegas, lugas, jelas, ikhlas, dan cerdas
c. Pilihan Keputusan => masing-masing saling berkoordinasi untuk
menghasilkan keputusan yang tegas, rasional, dan transparan dalam rangka
peningkatan kualitas pelayanan
5. Analisis
Situasi
a. Strength
(kekuatan) => organisasi telah dipayungi oleh peraturan perundang-undangan,
sarana dan prasarana memadai
b. Weakness
(kelemahan) => personel tak hanya bekerja di LPSE Kalimantan Tengah
secara fungsional, tetapi juga melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara
struktural pada Biro Administrasi Pembangunan yang membawahi LPSE Kalimantan
Tengah, beberapa personel yang telah terlatih dipindahtugaskan ke SKPD lain sehingga
personel yang baru masuk dan belum mengetahui tentang LPSE perlu diberikan
pelatihan dan bimbingan teknis dari dasar
c. Opportunity
(peluang) => LPSE Kalimantan Tengah merupakan layanan publik milik
pemerintah yang selalu mengalami perkembangan dalam teknologi yang
penggunaannya terbuka untuk umum (pengguna dan penyedia barang/jasa pemerintah)
yang telah terverifikasi, sehingga peluang untuk menambah pengetahuan dan
wawasan tentang peraturan perundang-undangan tentang pengadaan maupun teknologi
terkini selalu ada
d. Threat
(ancaman) => pemadaman listrik dan gangguan jaringan internet menyebabkan
terhambatnya pelaksanaan pengadaan secara elektronik
No comments:
Post a Comment