WELCOME TO MY BLOG

Welcome to my blog

Selamat datang di blogku. Kalau Anda punya
saran terhadap blog ini, silakan berkomentar di https://ellen-def.blogspot.com/, terima kasih.

Friday 12 December 2014

SWOT Strategi Pencapaian LPSE Kalimantan Tengah Berkualitas dan Transparan

TUGAS MATA KULIAH
MANAJEMEN STRATEGI SEKTOR PUBLIK
(SEMESTER II ILMU EKONOMI, MARET 2014)
Dosen: Dr. IRAWAN, M.Si
 
 
SOAL:
Buat Tema dan Analisis secara Global dari Segi Tingkatan Strategis Proses, Manajemen Strategi, Kerangka Kerja Keputusan Personal, dan Analisis Situasi!
 
JAWAB:
1. Tema: Strategi Pencapaian LPSE Kalimantan Tengah Berkualitas dan Transparan
2. Tingkatan Strategi
a.   Tingkat Perusahaan => (Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kalimantan Tengah diharapkan berkualitas dan transparan secara jangka panjang
b.   Tingkat Bisnis => melaksanakan pelayanan dalam publikasi, administrasi, verifikasi, dan fasilitasi penggunaan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE)
c.   Tingkat Fungsional => meningkatkan kualitas sumberdaya publikator, administrator, verifikator, dan fasilitator untuk menghasilkan layanan berkualitas dan transparan

3. Proses Manajemen Strategi
    a.  Komitmen => mewujudkan LPSE Kalimantan Tengah yang berkualitas dan transparan
    b.  Keputusan => pelaksanaan pelayanan oleh personel LPSE Kalimantan Tengah harus berkualitas dan transparan
    c.    Tindakan => personel LPSE Kalimantan Tengah (publikator, administrator, verifikator, dan fasilitator) mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis untuk pembaruan pengetahuan dan teknologi, memberikan pelayanan yang ramah, terbuka, dan jujur
   d.    Penyusunan Strategi => pelayanan tepat guna dan tepat sasaran (pengguna dan penyedia barang/jasa pemerintah)
    e.    Analisis Situasi => mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal serta mengukur dan menetapkan kelemahan dan kekuatan internal hingga tercapai tujuan jangka panjang, disebut juga analisis SWOT (strength/kekuatan, weakness/kelemahan, opportunity/peluang, threats/ancaman)
4.    Kerangka Kerja Keputusan Personal
   a.  Situasi => pelayanan diberikan kepada pengguna dan penyedia barang/jasa pemerintah oleh publikator, administrator, verifikator, dan fasilitator
      b.   Gaya Keputusan Personal => pelayanan dilaksanakan dengan sopan, ramah, tegas, lugas, jelas, ikhlas, dan cerdas
   c.  Pilihan Keputusan =>  masing-masing saling berkoordinasi untuk menghasilkan keputusan yang tegas, rasional, dan transparan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan
5.    Analisis Situasi
   a. Strength (kekuatan) => organisasi telah dipayungi oleh peraturan perundang-undangan, sarana dan prasarana memadai
      b.    Weakness (kelemahan) => personel tak hanya bekerja di LPSE Kalimantan Tengah secara fungsional, tetapi juga melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara struktural pada Biro Administrasi Pembangunan yang membawahi LPSE Kalimantan Tengah, beberapa personel yang telah terlatih dipindahtugaskan ke SKPD lain sehingga personel yang baru masuk dan belum mengetahui tentang LPSE perlu diberikan pelatihan dan bimbingan teknis dari dasar
     c.    Opportunity (peluang) => LPSE Kalimantan Tengah merupakan layanan publik milik pemerintah yang selalu mengalami perkembangan dalam teknologi yang penggunaannya terbuka untuk umum (pengguna dan penyedia barang/jasa pemerintah) yang telah terverifikasi, sehingga peluang untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang peraturan perundang-undangan tentang pengadaan maupun teknologi terkini selalu ada
    d. Threat (ancaman) => pemadaman listrik dan gangguan jaringan internet menyebabkan terhambatnya pelaksanaan pengadaan secara elektronik
 

No comments:

Post a Comment